Macam-macam kertas digital printing



Ini adalah beberapa jenis-jenis kerta digital printing yang sering digunakan pada percetakan.

1. Frontlite, Bahan ini sering digunakan untuk media cetak baliho, spanduk, dan billboard.

2. Backlite, Bahan ini khusus cetak neon box. Bahan iani ini akan menyelah, jika terkena cahaya dari belakang.

3. Duratran, Bahan ini juga berfungsi untuk cetak neonbox, cuma bahan ini cocok untuk ukuran kecil dan dalam ruangan (Bisa juga digunakan di luar ruangan) Bahan ini akan mudah picah, karena mirip mika.

4. Photo Paper / High Glossy Photo Paper, Digunakan untuk mencetak foto, poster dan berbagai cetakan yang membutuhkan kualitas tinggi.

5. Albatros, Bahan yang biasa digunakan untuk banner baik roll maupun X banner, bahan ini juga sering digunakan untuk cetak poster dan petah.

6. Flexi, Bahan yang umum digunakan poster atau baliho karena harga yang relatif murah.

7. Sticker Vinil, Stiker ini sering digunakan untuk membuat poster outdoor, floor graphics, dan lain-lain.

8. Polibanner, Adalah bahan semacam mika dan memiliki sifat matte, bahan ini sangat bagus untuk pembuatan X-banner karena tidak mudah melengkung dan bahannya kuat.

9. Easybanner, Bahan semacam frontlite akan tetapi jauh lebih bagus dan tidak mudah melengkung, biasanya digunakan untuk cetak banner (baik roll maupun x banner) poster spanduk eksklusif, dll.

10. Kerta Inkjet, merupakan kertas khusus untuk printer inkjet, seperti HVS akan tetapi hasil cetakannya jauh lebih bagus dibandingkan HVS, biasa digunakan untuk cetak proofing dari suatu desain.

11. One Way Vision Film. Pada umumnya digunakan untuk keperluan jendela luar ruangan, juga dicetak pada iklan sebagai dekorasi dan berbentuk lobang-lobang, berdasarkan variasi desain.

Itulah sebelas macam kertas yang sering dipakai pada percetakan. Jenis kertas digital printing ini merupakan paling yang sering dipergunakan. 

Semoga dengan materi singkat ini, dapat menambah pemahaman kita tentang dunia desain dan kehidupan percetakan.

0 Comments:

Post a Comment