Bagimana Saya Belajar Untuk Menjadi Seorang Desainer Grafis

 

Saya pribadi juga tidak sangkah kalau nantinya saya akan bekerja sebagai desainer grafis. Perjalanan karir seseorang sulit untuk ditebak arahnya, karena semuanya menjadi rahasia yang Maha Kuasa.

Saya berbagi cerita singkat ini lewat tulisan, karena dipercetakan saya sering ditanya, saya kuliah ambil jurusan apa? Belajar berapa lama? dan pertanyaan pertanyaan lainnya. Sehingga saya sering menjawab apa adanya. Jadi saya akan menjawab setiap pertanyaan sering menyasar ke saya ditempat kerja.

Pertanyaan yang paling sering muncul, Kaka kuliah ambil jurusan desain? Saya jawab dengan singkat saya kuliah ambil jurusan Agroteknologi pada Fakultas Pertanian. Sudah jawab seperti begitu masih ada juga yang belum percaya, masalahnya pertanian dengan desain grafis sama sekali tidak ada singkronisasi antara kedua bidang tersebut. Jadi wajar saja masih ada yang belum percaya. Iya memang saya kuliah ambil jurusan agroteknologi, kalau desain atau editing cuma sekedar hoby, atau pelepas dahaga didalam kamar asrama. Lama kelamahan, sudah menjadi fashion sehingga saya terus asa bakat desain, sehingga saya bisa menjadi desainer grafis pada saat ini.

Pertanyaan kedua, Kaka belajar desain berapa lama? Pertanyaan ini muncul setelah saya jawab pertanyaan sebelumnya. Untuk belajar saya butuh waktu kurang lebih satu tahun untuk bisa memahami fungsi dan kegunaan dari tools yang ada pada software grafis, seperti Adobe Photoshop atau Coreldraw. Tapi untuk belajar saya pikir tidak ada batas waktunya, dan untuk karya saya bisa diapresiasi oleh orang lain, itu karena saya butuh latihan bertahun tahun. Karena belajar tools itu satu dua bulan saja sudah bisa, cuma untuk melatih kepekaaan terhadap seni desain itu yang sulit, jadi sangat dibutuhkan waktu yang lama.

Pertanyaan selanjutnya. Kaka belajar lewat apa, buku atau Youtube? Metode saya belajar desainer grafis, dari berbagai macam sumber serta berbagai panduan. Hampir semua media belajar saya pergunakan dengan baik. Tutorial diblog, Youtube dan saya juga saya punya koleksi buku seputar dunia desain grafis. Banyak tulisan tulisan seputar dunia desain grafis diblog, cuma mudah untuk diakses, atau cuma dengan cara nonton video tutorial desain di youtube saya pikir itu akan mempermudah kita menjadi desainer. Koleksi buku menjadi keharusan, karna buku akan membuka sisi lain dari dunia desainer, sebab saya bukan seorang Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV), dengan memiliki buku-buku tersebut dapat menguprage ilmu saya di bidang desain grafis. Dari situlah saya bisa belajar bagimana saya menjadi seorang desainer grafis.

Pesan saya untuk yang ingin menjadi seorang desainer grafis, tapi tidak mengambil kuliah DKV, berlatih dan terus belajar. Jangan pernah mudah menyerah, semangat yang kuat akan mendapatkan hasil yang baik.






0 Comments:

Post a Comment