Penjelasan Indoor vs Outdoor Dalam Industri Percetakan

Indoor vs Outdoor


 

Seringkali orang dibingunkan dengan istilah mesin cetak indoor dan outdoor. Dimanakah perbedaan keduanya?

Mesin cetak indoor adalah mesin yang menggunakan tinta berbasis dye / pigmen dengan daya tahan cetakan antara 5-200 tahun kalau ditempatkan di dalam ruangan (setelah dilaminasi). Dan berbagai aplikasinya antara lain adalah pencetakan banner, backlite, neon box, poster dan lain-lain. Karena produk cetakan akan dipasang didalam ruangan (indoor), maka akan dilihat dengan jarak pandang dekat. Salah satu perbedaan yang paling menonjol antara mencetak dengan mesin indoor atau outdoor adalah tingkat kehalusan hasil cetaknya. Hasil cetak dengan mesin indoor menggunakan printer dengan resolusi tinggi sekita 720 - 1440 dpi, bahkan bisa lebih, mengingat setiap saat teknologi terus berkembang. Jumlah tinta yang digunakan pada umumnya di atas empat warna dan bisa sampai delapan warna atau dua belas warna (bahkan lebih). Kualitas cetakan dari mesin indoor memiliki tuntutan yang cenderung lebih tinggi dari mesin outdoor karena dilihat dari jarak dekat.

Mesin cetak outdoor menggunakan tinta berbasis solven, dengan daya tahan cetakan kalau ditempatkan di luar ruangan (karena memang seharusnya demikian) memiliki daya tahan 1-5 tahun. Karena hasil cetaknya akan dipasang di luar ruangan dan lihat dari jarak jahu, maka resolusi printer yang digunakan sekitar 360 dpi (bisa juga lebih tinggi sesuai dengan perkembangan teknologinya). Jumlah tinta yang digunakan umumnya hanya empat warna (CMYK).

Pada prinsipnya teknologi mesin indoor dan outdoor adalah dua hal yang berbeda. Masing-masing memiliki fokus dan target aplikasi yang berbeda pula. Luas ruangan dan juga fasilitas ruangan seperti ventilasi yang baik juga merupakan pertimbangan saat orang mau memilih bisnis cetak indoor atau outdoor. Yang juga harus diperhatikan adalah sebaiknya aplikasi di dalam ruangan (indoor) tidak menggunakan cetakan dari mesin outdoor yang menggunakan tinta solvent, karena hal ini akan menyebabkan pencemaran udara yang akan berdampak negatif baik kesehatan kita.


0 Comments:

Post a Comment