Psikilogi Warna

Warna adalah komponen dari desain. Dengan warna kita dapat mempresentasikan suasana hati / mood atau pesan tertentu. Karena dapat mempengaruhi suasana hati, oleh karena itu warna sangat mempengaruhi psikologi manusia. Meskipun di beberapa tempat dan budaya, sebuah warna mempunyai arti yang berbeda.

1.       MERAH, Representasi dari objek alam : Api, dara dll.

·         Cintra positifinya : Emosi yang kuat, energi keberanian, perjuangan, gairah dan kemauan keras.
·         Citra negatifnya : Nafsu, aktif, agresif, marah, dominasi, panas, bahaya. Di agama kristen, warna merah menjadi ciri khas. Terlihat pada baju Santa Claus yang berwarna merah dengan kombinasi putih.
·         Karena pohon natal berwarna hijau, maka perpaduan merah dan hijau akan menjadi simbol Natal. Warna merah tidak dianjurkan dalam sebuah negosiasi, ruang rapat, rumah sakit, atau kantor polisi, karena akan memperuncing dan meledakan masalah. Warna merah adalah warna kesukaan wanita. Merah dan putih akan mempunyai arti ‘bahagia’ di budaya Oriental. Merah memilik efek sebaliknya dengan biru. Merah dapat meningkatkan tekanan darah dan laju respirasi. Merah juga dapat membuat orang lupa waktu dan merangsang nafsu makan. Merah adalah warnah yang kuat, maka sangat baik digunakan sebagai penekan hal penting.
2.       Biru Tua, Respresentasi dari objek alam : Langit di malam hari.
·         Citra positifnya : Kosentrasi, kooperatif, cerdas, tenang, bijaksana, integratif, banyak teman, keamanan, teknologi, kebersihan, keteraturan dll.
·         Cintra negatif : Kaku, keras, perasa, serius.
·         Disukai laki-laki agar terlihat dewasa, lebih berwibawa, ingin dihormati, dan bijaksana. Cocok untuk desain grafis untuk benda-benda yang bersifat teknologi dan futuristik seperti komputer, buku science fiction, robot. Coba anda perhatikan logo bank-bank di Indonesia, agar terlihat lebih di percaya banyak yang mengunakan warna biru tua, bukan?
3.       Biru Muda, Respresentasi dari objek alam : Langit dan lautan
·         Citra positifnya : Ketenangan, ketetentraman, kesedihan, teduh, kepercayaan dll.
·         Cintra negatifnya : Santai, tidak enak dimakan.
·         Cerminan dari biru muda kebalikan dari warna merah. Dengan biru muda, tekanan darah dan suhu tubuh lebih rendah. Sehingga baik bagi desain yang berhubungan dengan kesehatan. Biru adalah warna favorit pria. Suasana dengan warna dominan biru muda bisa membuat religius, meningkatkan produktivitas dan lebih rajin belajar. Biru juga dianggap sebagai warna yang bersih, jadi cocok untuk kamar mandi. Namun tidak cocok untuk dapur, karena warna biru dapat merusak nafsu makan. Karena jarang ada makan berwarna biru. Tapi jika anda ingin menurunkan berat badan, silahkan aplikasikan warna biru pada dapur Anda. Akan jahu lebih baik lagi jika di dapur tersebut tidak ada makanan.
4.       Hijau, Respresentasi dari objek alam : Pohon dan tanaman.
·         Citra positifnya : Alami, sehat, rileks, kesuburan, pertumbuhan, penyembuhan, muda, pembaruan, sukses, keinginan, keberutungan, kebanggan, kekerasan hati dan berkuasa.
·         Citra negatif : Kurang formal, kurang serius, terlalu umum alias kurang unik / esklusif bagi beberapa orang.
·         Hijau mewakili berbagai macam-macam warna alami. Seperti biru, hijau, cenderung tenang, rileks dan sering digunakan sebagai terapi / penyembuhan fisik dan pskis. Oleh karena itu warna hijau biasa digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, menenangkan pikiran, merangsang kreatifvitas. Jika sudah bosan dengan rutinitas sehari-hari, akan terasa tenang jika berpergian ke alam terbuka dengan pepohonan rindang, bukan? Dalam islam hijau diyakini sebagai warna surga. Tidak heran partai negara, perusahan berbasis islam menggunakan warna dasar hijau. Baju hijau pada tentara sangat cocok untuk peperangan di medan pertempuran di hutan untuk penyamaran sehingga tidak mudah untuk dikenali musuh. Sangat tidak bijak dalam peperangan menggunakan baju warna merah atau pink, kecuali jika memang bosan hidup.
5.       Kuning, Representasi dari alam : Sinar matahari, lebah, bunga, jeruk lemon.
·         Citra posotifnya : Menonjol, akrab, spontan, semangat, ceria, main-main, kreatif, bebas.
·         Citra negatifnya : Pengecut, tidak punya sikap.
·         Kuning merangsang kreativitas pikiran dan mental sehingga memabantu meningkatkan analisa, penalaran, logis dan membantu dalam pengambilan keputusan. Terlalu banyak kuning dapat menyebabkan kegelisahan, ketakutan dan konfrontasi terutama pada orang yang sedang stres. Kuning cocok jika di sandingkan dengan warna apapun (silahkan buktikan sendiri). Oleh karena itu partai Golkar yang bernuansa kuning selalu serasi berkoalisi dengan partai lain yang beda warna, bukan? (silahkan tidak percaya). Kuning memotuvasi orang untuk menjadi terlalu kritis. Kuning konon adalah warna keramat dalam agama Hindu.
6.       Ungu / Jinga, Representasi dari alam : Bunga anggrek, buah manggis
·         Citra positifnya : Spiritual, kebangsawanan, fantasti, mimpi
·         Cintra negatifnya : Misteri, sombong, kasar, keangkuhan, kurang teliti, tidak membumi, tidak masuk akal, tidak akrab
·         Secara histori ungu adalah warna raja. Ungu adalah warna paling mewah. Tidak heran jika manggis yang berwarna ungu disebut ratu buah. Jika ada ratu maka ada rajanya. Siapakah raja buah itu? Silahkan cari jawabnya sendiri. Dalam bisnis, ungu melambangkan layanan termahal / premium. Warna ungu biasanya disukai oleh remaja wanita. Dalam nuansa tertentu, ungu sangat halus fleksibel. Warna ungu sangat jarang di temui di alam. Warna ini adalah campuran warna merah (intim) yang disukai wanita dan biru (keras) yang disukai pria. Perpaduannya biasa menjadi warna ‘banci’ alias kewanita-wanitaan dan tidak punya jodoh (jomblo) karena ketidakjelasannya.
7.       Orange, Representasi dari objek alam : Jeruk
·         Citra positifnya : Energi, semangat, flamboyan, segar, kemajuan, mudah, keseimbangan, ceria, hangat, rama, kreatif.
·         Citra negatifnya : Murah, feminim
·         Sangat cocok dan nyaman jika di apliksikan pada dapur Anda. Karena warna orange dapat meningkatkan nafsu makan. Biasanya dipakai pada produk minuman rasa jeruk. Warna orange dapat memberikan kesan yang kuat pada elemen dianggap penting.
8.       Pink, Representasi dari objek alam : Bunga mawar / Rose
·         Citra positifnya : Kasih sayang, pengasuhan, lembut, cinta, asmara dan tidak mengancam.
·         Citra negatifnya : Sangat tidak cocok bagi laki-laki.
·         Ruangan berwarna pink dapat mengurangi emosi untuk sementara. Secara psikologis warna merah muda  menenangkan dan meyankinkan energi emosional kita, mengurangi perasaan marah, agresif, penelantaran dan kebencian.
9.       Coklat, Representasi dari objek alam : Tanah / Bumi, kayu, tanaman, kopi / coklat kotoran dll.
·         Citra positifnya : Kenyamanan, daya tahan, antik, kekuatan, solidaritas, membumi, tenang, matang dan handal.
·         Citra negatifnya : Kotor, kumal, kuno, konvesional, kurang bersemangat, kurang  tolerang, pesimis terhadap kesejahteran dan masa depan.
·         Banyak pria suka warna coklat karena keamanan, kekuatan dan kepratisan. Kadang-kadang warna coklat lebih muda dianggap sebagai warna netral seperti krem dan taupe. Banyak perempuan menganggap cokelat adalah membosankan dan terlalu sederhana bahkan kotor. Warna coklat tidak cocok dipakai pada produk-produk teknologi tinggi karena memprsentasikan anti masa depan.
10.   Abu Abu, Representasi dari objek alam : Batu, beton, pasir
·         Citra positifnya : Netral, tidak berpihak, keamanan, kehandalan, kesederanaan, kedewasaan, futuristik, milenium
·         Citra negatifnya : Kurang energi, tidak meyangkinkan, tidak peduli, tidak merangsang, tidak jelas, tidak menarik, kurang intelek, sedih.
·         Abu abu cenderung pada meningkatkan kreativitas, sangat baik dapat diaplikasikan pada kantor atau studio. Abu-abu juga banyaj disukai karena merupakan warna eksekutif. Secara psikologis warna abu-abu dapat diartikan kesedihan atau kegembiraan, tergantung seberapa banyak putih dalam abu-abu. Abu-abu gelap lebih meyedihkan dari pada abu-abu terang. Warna abu-abu berfungsi sebagai latar belakang yang baik warna lain karena tidak menarik perhatian, memungkinkan warna lain untuk menonjol. Abu-abu adalah warna netral sehingga sulit menebak suasana hati atau psikologi seseorang.
11.   Putih, Representasi dari objek alam : Awan, salju
·         Citra positifnya : Suci, bersih, tepat, tidak bersalah, sederhana.
·         Citra negatifnya : Tidak tegas, kosong, tanpa ekspresi, kurang usaha, santai.
·         Putih melambangkan perkawinan (gaun pengantin berwarna putih). Di India dan Cina, warna putih melambangkan kematian. Dulu, banyak yang mengagumi design full colour dan detil kompleks. Namun semakin karena dengan banyaknya variasi warna membuat visual menjadi kacau (chaos) sehingga warna simple banyak dicari. Begitu juga dengan produk. Produsen gadget ternama, sebut saja Apple dan Samsung, nyaris selalu memiliki warna putih pada rangkain produknya. Begitu juga mobil, orang menghidari warna putih, karena mirip ambulance. Kini mobil warna putih banyak disukai pasar.
12.   Hitam, Representasi dari objek alam : Arang, batu bara, minyak mentah.
·         Citra positifnya : Power, kepatuhan / tunduk, kemakmuran, canggi, anggun, tidak bersalah, sederhana, abadi,berkelas.
·         Citra negatifnya : Simbol kejahatan, formal, kematian, horor,misteri, mistik, alam, gaib, ketakutan, berduka / berkabung.
·         Warna gelap biasanya membuat ruangan tampak lebih kecil. Dalam dunia fashion, pakaian gelap membuat pemakainya terlihat lebih langsing. Meskipun banyak kesan negatif pada pakaian hitam ini, namun selalu cocok disandingkan dengan warna lain. Pada puluhan tahun lalu, sangat dihindari bakcground hitam untuk undangan pernikahan, namun dengan berjalannya waktu, kini banyak undangan pernikahan dengan background hitam. Malahan terkesan penting dan ekslusif. Warna hitam sebagai background akan menonjolkan objek  utamanya (foreground) dan banyak diaplikasikan pada poster-poster film agar terlihat menonjol dan mencekam.
13.   Emas, Representasi dari objek alam : Emas, madu
·         Citra positifnya : Mencerminkan prestise, (kedudukan) kekayan, cahaya, kemegahan, kemenangan, mahal, ekslusif, kekuatan, mistis, perasaan, kagum, kosentrasi.
·         Citra negatifnya : Keserakahan, egois, pemimpi
·         Lebih disukai dan cocok jika digunakan wanita. Jika dipakai pria sangat tidak dianjurkan bahkan diharamkan pada agama (islam). Warna emas terlihat karena kombinasi gelap terang kuning dan coklat dibantu dengan adanya pantulan / refleksi. Biasa digunakan pada produk hiasan.
14.   Warna Perak, Representasi dari objek alam : Perak, bulan
·         Citra positifnya : Mencerminkan prestide (kedudukan), berkilau, kekayan, ketenangan, keseimbangan, kemegahan, modern, high tech, futuristik, mahal, murni, ekslusif, kagumm, kosentrasi
·         Citra negatifnya : Menyendiri, kaku, tidak jujur, bimbang, ragu-ragu, ada untuk penipuan.
·         Cocok digunakan wanita dan masih cocok jika digunakan pria. Warna emas terlihat karena kombinasi gelap terang, abu-abu di bantu dengan adanya sifat pantulan /refleksi. Secara psikologis warna perak lebih menggembirakan dari pada abu-abu. Perak adalah warna cairan yang dinamis atau terus berubah. Biasa diaplikasikan pada produk-produk hi-tech dan masa depan. Perak melambangkan kesabaran, refleksi, ketekunan, bermatabat, melembutkan dan memenangkan, pengendalian organisasi, diri dan tanggung jawab. Hal ini menerangi dan meyeimbangkan (tidak warna hitam atau putih).
Semua penilaian secara psikologis tersebut buka berarti harga mati. Sebagai desainer atau orang-orang kreatif kadang bisa membalikan anggapan atau citra-citra tersebut. Contohnya partai islam yaitu PKS mengunakan warna kuning dan hitam sebagai warna utamanya. Partai tersebut tidak mengunakan warna hijau dianggap khas islam dan banyak digunakan partai islam lainnya. Namun dengan keunikannya, partai tersebut sukses menggalang pedukung beragama islam.

Buku : Hendi Hendratman, Informatikan Bandung, September 2015 (Edisi Revisi)

0 Comments:

Post a Comment