Materi Desain Grafis “Desain Digital VS Manual”


Calvin Awarawi -  Haruskan Desainer Grafis Bisa Mengambar Manual?
Tergantung kasusnya, karena cabang desain grafis banyak keahliannya antara lain : Illustrator, Komikus, Kartunis, Animator 3D Character, Modeller, desain layout, majalah, webdesign, multimedia director dll. Untuk spesialis ilustrator, komikus, kartunis kemampuan mengambar secara manual mutlak dikuasai dengan baik. Namu untuk desian web, multimedi director, modeller, animator 3D lebih mengutamakan kemahiran pada sofware, namun lebih baik lagi jika mengusai menggambar sketsa.
Tablet Gambar | Tokoh Online 88

Apa Keuntungan Mendesain Secara Manual / Hand-Made
·         Sentuhan / kesan lebih manusiawi
·         Kecepatannya untuk menumpahkan gagasan kedalam goresan tangan
·         Kebebasan dengan media dan alat yang ada di alam. Anda dapat mengunakan alat gambar seperti kuas, pensil bata bahkan rambut anda sendiri sebagai kuas.
·         Cocok untuk mengambar naturalis, seperti komik dan ilustrasi
·         Gambar sangat khas karena dipengaruhi kepribadian, sifat dan emosional anda.

Apa Kekurangan Mendesain Secara Manual / Hand-Made?
·         Harganya relatif mahal
·         Sulit diduplikasi
·         Waktu pengerjaan / produksi desain relatif lama
·         Perlu kecermatan dan kehati-hatian extra
·         Lebih baik memiliki bakat. Bagi yang tidak berbakat dapat pula membuat karya grafis yang berseni, namun diperlukan motivasi yang tinggi dan latihan yang konsisten.

Apa Keuntungan Mendesain Dengan Bantuan Komputer?
·         Waktu produksi lebih cepat. Dengan pengetahuan hardware dan software seorang desainer grafis mampu menyelesaikan banyak karya (Seperti undangan, kartu nama) dalam satu hari.
·         Harga desain lebih murah dan Kompetitif, sehingga mempercepat perputaran uang
·         Mudah diduplikasi
·         Mudah diperbaiki, karena komputer mempunyai fasilitas Undo dan History.
·         Adanya pustaka / library berupa clipart, images, font dan template yang mempermudah pekerjaan
·         Ketrampilan sketsa tangan tidak terlalu diutamakan, yang penting punya sense of art dan penguasaan hardware dan sofware

Apa Kekurangan Mendesain Dengan Bantuan Komputer?
·         Karena sentuhan garis dengan komputer relatif kaku dan rapih, sehingga mengurangi kesan manusiawinya. Beberapa kalangan menilai pengunaan komputer desain merupakan seni kaleng yang murahan.
·         Ketergantungan terhadap teknologi. Banyangkan jika desainer grafis komputer ditempatkan di daerah yang tidak ada listrik dan komputer. Bisa jadi dia tidak dapat berbuat apa-apa.
·         Dengan diduplikasi, segi orisinalitas karya grafis komputer sering dipertanyakan dan dipermasalahkan.
·         Sulit mencurahkan gagasan ke dalam gambar dalam waktu singkat. Karena komputer lebih cenderung untuk presentasi / finishing bukan sketsa.
·         Dengan adanya fasilitas Undo dan History perilaku desainer grafis komputer cenderung kurang berhat-hati atau ceroboh
·         Perlu mempelajari secara khusus dan terus menerus tentang hardware dan software grafis, karena pekembangan teknologi dan versi yang selalu berubah.

Lalu Saya Harus Pilih Yang Mana : Manual Atau Komputer?
Pekermbangan teknologi komputer telah banyak merubah proses prosduksi grafis, termasuk cara berpikir desainernya. Ada yang anti Komputer dan lebih menjagokan Hand-made / Manual. Ada pula yang maniak Komputer dan sama sekali tidak mampu atau tidak mau membuat sketsa sekalipun. Atau anda menggabungkan keduanya, dengan melihat kekuatan masing-masing (hand-made dan kompter). Anda termaksud yang mana?
Perdebatan antara kedua kubuh manua dan komputer tidak pernah berakhir. Setiap generasi lebih familiar dengan teknik pada zamannya. Namun jika da kerja sama yang baik antara generasi muda dan tidak muda, akan menjadikan karya yang saling melengkapi.

Untuk Mengambar Yang Baik Apa Perlu Bakat Sejak Lahir?
Lebih baik begitu. Tapi bakat saja tidak cukup karena perlu diasah dan dilatih terus menerus. Jika anda merasa tidak punya bakat, maka harus berpikir lebih cerdas. Namun hal tersebut akan menjadi beban jika anda tidak punya minat (dengan kata lain : tidak ikhlas)

Apa Yang Dimaksud Dengan Minat?
Minat adalah kata lain dari cinta. Orang sedang jatuh cinta akan memberikan apapun (waktu dan harta) untuk orang yang dicintainya tanpa berat hati. Begitu pula seorang ibu akan memberikan apapun kepada anaknya tanpa mengharapkan balas jasa dari sang anak. Desainer grafis akan berkerja dengan mengorbankan waktu dan biaya demi mendalami dunia desain demi kepuasan klien, meski dibayar murah atau tidak sama sekali.

Rugi Dong Mendesain Capek-Capek Tapi Ga Dibayar?
Dilihat dari materi memang rugi, tapi disisi lain anda akan bertambah portofolio, ilmu, pengalaman dan relasi. Semua track record anda bisa diperlihatikan lain waktu kepada orang lain  sebagai bukti konsistensi terhadap dunia desain grafis.

Apa Yang Membuat Seseorang Bebakat?
Kita dilahirkan dalam keadaan blank alias tidak tahu apa-apa. Pengaruh dari keluarga, lingkungan, makanan, dan lain-lain akan memperngaruhi kemampuan seseorang. Pengaruh luar sadar tersebut menjadikan bakat seseorang.  Namun bila tidak diasah dan dilatih, selamanya akan menjadi bakat terpendam.

Berapa Lama Untuk Menjadi Desainer Grafis Yang Baik?
Tergantung jam terbang anda. Jika setiap hari berlatih mendesain dengan pengalaman yang berbeda . bisa jadi dalam tiga bulan, orang lain akan mengakui kehebatan karya anda. Jika anda kuliah di sekolah grafis tapi yang anda hanya membuat tugas dua minggu sekali, bisa jadi karya anda akan dianggap baik setelah 5 tahun.


Buku : Hendi Hendratman, Informatikan Bandung, September 2015 (Edisi Revisi)

0 Comments:

Post a Comment