Tools Instan Ini Dapat Mengacam Para Pekerja Kreatif

 Calvin Awarawi - Halo brosis sahabat pekerja kreatif, kali ini saya akan share Tools ini yang dapat mengacam posisi para pekerja kreatif. Lebih khusus yang saat ini berprofesi sebagai Desainer Grafis.

Gara gara Tools ini, para Desainer Grafis ramai-ramai untuk mentandatangi petisi untuk menghentikan Tools tersebut. Tools yang dimaksud adalah.

WPAP By Calvin Awarawi

 

Canva

Canva menyediakan ribuhan template desain yang bisa di custom secara bebas. Caranya tinggal masuk daftar di website Canva kita bisa buat desain dengan berbagai template. Pada website Canva kita bisa masuk dengan free atau prabayar.

Disini Canva memberikan kemudahan sekali. Tanpa menghubungi Desainer Profesional mereka yang awam bisa membuat desain yang perfect di Canva. Apa artinya kita belajar Desain beberapa tahun, akhirnya pasar yang kita mau ambil sudah ada Canva.

Disini cuma ada satu solusi, kita harus belajar untuk membuat Aset-aset desain yang banyak. Setelah itu kita masuk bergabung dengan Canva, tetapi bukan sebagai pengguna melainkan kita bergabung sebagai Kontributor Desain.


Artificial Intelligence (AI)

Dengan adanya Canva saja, sudah mulai terasa dampak untuk Desainer yang betul-betul berjuang dari nol sampai menjadi Desainer Grafis yang profesional.

Bagimana dengan hadirnya  Artificial Intelligence (AI), tentu ini lebih parah lagi. Dengan AI kita tidak perlu mendesain lagi atau mengedit template lagi, kita tinggal foto hasil konsep di kertas nantinya sistem pada AI yang dengan otomatis merubahnya menjadi sebuha karya desain yang diinginkan.

Kita mau buat Logo, Teks, Video, Sosial Media atau Voiceover sangat mudah sekali. Hanya modal konsep saja. Banyak sekali Desainer Grafis diseluruh dunia yang sudah melihat bahwa ini adalah hancaman serius untuk profesi sebagai desainer kedepannya. Mereka beramai-ramai ikut mentandatangi petisi untuk menolak situs AI tersebut.


Kesimpulan

Menurut pendapat saya pribadi, bahwa ini semua karena dampak dari Dunia Teknologi yang semakin canggih dan modern. Sebelumnya tahun lalu, Mark Zuckerberg telah memperkenalkan kepada dunia tentang metaverse. Metaverse ini semakin nyata di kehidupan ini. Bahwa nanti di tahun-tahun yang akan datang, kita akan berintekrasi secara realitas virtual.

Artinya kita tidak mungkin bisa membendung perkembangan Teknologi yang berkembang super cepat. Dalam ini kita sebagai Desainer harus bisa juga untuk cepat beradaptasi dengan perubaha-perubahan yang sangat cepat ini.

Dengan hadirnya AI ini belum bisa menggantikan posisi Desainer Grafis, banyak human error pada website. Kemudian hasil desain dari AI tidak ada rasa emosional dan nilai-nila perasahan lainnya. Jadi pastinya klien masih membutuhkan Seorang Desainer Grafis. 

cukup sekian dari saya, salam Kreatif....

0 Comments:

Post a Comment