Seberapa Sulit Membuat Foto WPAP (Wedha Pop Art Potrait)

Calvin Awarawi - WPAP atau Wedha Pop Art Potrait adalah seni melukis foto digital dengan bercorak warna warni saling bertabrakan antara warna yang satu dengan warna yang lain. WPAP sendiri adalah murni karya dari anak Indonesia yang mendunia, seni ini ditemukan oleh Pak Wedha pada tahun 1990 an. Kemudian untuk mempertahakan seni WPAP, banyak seniman WPAP membuat Chapter dimasing-masing kota, tujuannya untuk belajar sekaligus untuk menjaga karya seni WPAP.

WPAP by Calvin  Awarawi


Tapi pernah teman-teman bayangin tidak seberapa sulit untuk membuat foto WPAP, mungkin menurut teman-teman yang belum pernah membuat foto WPAP akan berfikir bahwa itu hal yang mudah. Hanya membuat corak-corak warna begitu saja. Kalau ada yang masih beranggapan demikian, berarti dia orang yang tidak tau tentang seni WPAP.

Kesulitan dalam membuat WPAP, pertama kualitas foto yang akan ditrace harus benar-benar terang dan tidak blur, kalau foto blur akan sulit untuk menentukan tracenya. Kesulitan berikutnya bagimana imajinasi kita untuk menentukan posisi gelap terang bidang foto, itu faktor yang paling sulit untuk ditentukan. Pengalaman saya untuk membut foto WPAP, kesulitan untuk saya salah satunya untuk menentukan gelap terang bidang foto. Kesulitan selanjutnya yang mungkin dianggap enteng adalah pemberian warna, mungkin teman-teman lihat itu hal sederhana saja, sebetulnya teman-teman salah. Kesulitan paling tinggi ada pada warna, pemberian warna akan menentukan foto WPAP mirip dengan foto aslinya tidak, sehingga pemberian warna akan berpengaruh besar untuk WPAP. Warna yang saling bertabrakan juga harus menyatu. Jadi kalau ada yang beranggapan bahwa pembuatan WPAP itu gampang, anda dipersilahkan untuk mencoba, biar tau seberapa sulit membuat WPAP.

Itulah sedikit pengalaman saya, yang pernah membuat WPAP. 

0 Comments:

Post a Comment