Ini Cara Saya Transfer Foto Ke Media Kayu

Cetak foto sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting, ini bisa dibuktikan dengan menjamurnya bisnis percetakan yang bergerak dibidang cetak foto. Ada banyak metode atau cara orang untuk mencetak foto. Tapi pada untuk kesempatan ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai cara saya transfer foto ke media kayu.


Aleks punya Foto

Langkah Pertama

Yang pertama saya siapkan adalah media yang nantinya saya tempelkan foto, media yang saya gunakan untuk tempel foto saat ini papan berukuran tebal 15 mm, tinggi 210 mm lebar 150 mm.
Saya tidak punya alat untuk menyiapak medianya, sehingga saya memesan media dari mebel. Saya pesan dari mebel biar papan yang diambil benar-benar halus dan kualitas hasil foto yang di transfer tetap terjaga.


Langkah Kedua

Langkah selanjutnya saya mencetak gambar atau foto yang nantinya diaplikasikan ke media kayu. Ditahap ini teman-teman tidak perlu jago desain, cukup teman-teman mengerti cara cetak fotonya saja sudah cukup. Foto yang dicetak harus terbalik, atau minrror.

Proses pengerjaan Bahan dan alat alatnya


Langkah Ketiga

Pada langkah ketiga, media dengan foto yang diaplikasikan sudah siap, selanjutnya proses pengerjaan. Papan yang tadinya diambil dari mebel, pilih salah satu sisi untuk letakan foto, pastikan sisi yang pilih bersih dan permukaan papan halus. Oleskan lem kayu (Lem Fox) keatas permukaan papan, oleskan sama rata atau sama tebal, kemudian foto yang tadinya diprint miror diletakan bagian foto keatas papan, gosok sampe rata semua sisi foto. Jemur dibawah terik matahari sekitar 30 Menit, atau kalau ada hootgun, pake hootgun saja. Setelah itu oleskan permukaan foto tadi dengan air atau minyak, lepaskan pelan-pelan sampe kertas terlepas habis dari tinta yang sudah melekat ke papan. Jika dirasa sudah bersin, selanjutnya finising dengan semprot pilox clear ke bagian foto yang sudah ditransfer ke papan. Dan akhirnya foto yang dikerjakan siap digantung ke diding.

Alat dan Bahan

Untuk alat : Cutter, Mistar, Kaca Alas, Kuas, dan gelas
Bahan : Papan, Foto atau Gambar, Lem Kayu (Lem Fox), dan Minya atau Air

Hasil Akhir, digantung di dinding.



0 Comments:

Post a Comment