Cara Agar Bisa Menjadi Kreatif

Calvin Awarawi – Bagimana Memandang Sebuah Karya Desain?
Ilustrasi berikut ini untuk memudahkan berfikir secara grafis. Sebuah karya grafis ditangka mata untuk selanjutnya diolah otak dan hati atau persahan. Jadi desain yang baik adalah selain bisa diterima otak atau akal bisa dirasakan keindahannya oleh hati atau perasaan. Selanjutnya untuk membuat karna desain diperlukan ketrampilan atau skil untuk menvisualisasikannya.
Bagimana Mendapatkan Ide Dalam Mendesain?
Kadang-kadang ide muncul saat dalam kesendirian, khususnya di Toilet. Namun cara tersebut tidak dapat diterapkan pada semua orang. Agar ada ide-ide kreatif dalam mendesain, banyak-banyaklah bergaul, berpergian, membaca, mendengar, menonton yang kita suka maupun yang tidak kita suka. Jangan mentang-mentang suka lagu jazz, lalu anda anti dengan lagu keroncong. Karena siapa tahu di lain waktu anda akan mendapatkan kerjaan mendesain cover album penyanyi keroncong.

Bagiman Cara Supaya Kreatif?
Kreatif bersal dari kata Create. Sedangkan Creative  adalah kata sifat. Maka kreatif bisa diartikan sebagai sifat seseorang yang mampu membuat sesuatu yang baru. Untuk membuat sesuatu yang baru tentu harus tahu apa-apa yang tidak baru, bukan? Oleh karena itu agar kreatif kita perlu melihat karya-karya orang lain. Tapi jangan sampai Copy & Paste mentah-menta. Jika anda melakukan hal tersebut maka bersiaplah berurusan dengan hukum hak cipta (HAKI).
Setelah puas dan bosa meniru karya orang lain, kini silahkan anda berexperimen dengan menggabung / kombinasi / Modifikasi dari pengalaman sebelumnya sehingga menjadi sebuah karya yang berbedah (meski tetap ada unsur yang sama).
Setalah jenuh dengan proses modifikasi, kini bersiaplah menjadi kreatif. Dengan pengalaman sebelumnya (tiru dan modif) tentu anda akan membuat sesuatu yang tidak pernah ada sebelumnya. Meski ‘sesuatu yang tidak pernah ada’ pernah ada ditempat dan waktu tertentu. Setelah cukup kreatif mungkin anda masih kurang puas, selanjutnya silahkan anda berbuat diluar kebiasaan yang kadang berbenturan dengan aturan dan norma yang ada. Jangan heran kalau orang lain menyebut anda sebagai orang gila. (gila disini berarti kiasan atau sebenarnya). Tetapi yang jelans orang lain akan mempunyai kesan khusus yang sulit dilupakan jika memandang anda.
Bolehkah Saya Meniru / Menjiplak?
Untuk tujuan pembelajaran, meniru / menjiplak adalah cara yang diperbolehkan bahkan dianjurkan. Sitilahnya Redrawing. Tapi jika untuk tujuan komersial, anda harus hati-hati jangan sampai karya anda bermasalah dengan hak cipta
Karya Kreatif Apa Harus Orisinil?
Orisinil adalah hal yang sulit dicapai 100%. Kita tahu jika diadakan acar perlombaan mirip bintangterkenal, maka yang daftar akan berbondong-bondong. Apakah kita akan mengatakan bahwa Tuhan tidak kreatif karena menciptakan manusia-manusia yang mirip? Orisinalitas adalah motivasi bagi desainer agar dirinya lebih aktual. Kenyataannya karyanya sering adakesamaan dengan karya orang lain baik sadar atau tidak sadar. “Jujur adalah kata kuncinya”.

0 Comments:

Post a Comment