Cara Menentukan Harga Desain Grafis, Kepada Klien

Faktor Harga Desain

Berikut adalah beberapa hal atau faktor yang bisa di pertimbangkan dalam menentukan harga desain dalam sebuah project desain grafis :

1. Keahlian

Hal yang paling mendasar yang diperlukan untuk menentukan harga desain adalah dengan berkaca, sejahu mana keahlian kita dibidang ini? Apa yang membuat kita berbeda dengan desainer grafis yang lain? Semakin tinggi keahlian kita, maka semakin tinggi harga yang di tawarkan kepada klien

2. Pengalaman

Kemampuan seseorang biasanya akan berkembang seiring lama jam terbang dan  pengalamannya. Pertimbangkan hal ini ketika menentukan harga desain sebuah projek. Semakin berpengalaman seorang desainer grafis, maka kemampuannya sebagai problem solver biasanya akan semakin meningkat. Ini adalah plus yang hanya dimiliki segelintir desainer grafis.

3. Waktu yang dihabiskan

Waktu adalah faktor penting yang yang harus di pertimbangkan dalam menentukan harga desain. Sebagian desainer bahkan menentukan berdasarkan hitungan jam yang dihabiskan untuk mengerjakan projek.

4. Tinggkat Kerumitan

Bedah project bedah juga tingkat kerumitan tang di hadapi desainer. Semakin rumit desain yang harus dibuat maka akan semakin banyak waktu, biaya, dan tenaga yang harus dikeluarkan.

5. Materi Desain

Beberapa project desain terkadang membutuhkan materi-materi yang tidak murah. Materi ini bisa berupa foto, illustrasi, dan copy writing. Kita perhitungkan beberapa biaya biaya yang harus dikeluarkan untuk itu sebelum menentukan harga desain.

6. Outsource

Desainer grafis bukanlah manusia serba bisa yang mampuh mengerjakan semuanya sendiri. Terkadang untuk beberapa hal, kita berkerja sama dengan pihak lain. Bisa itu fotografer, illustrator, layout, kartunis, dan lain-lain. Itu artinya kita harus membayar pihak yang diajak berkerja sama. Jangan sampai kita mala tekor karena tidak mempertimbangkan biaya untuk ini.

7. Hubungan dengan Klien

Hubungan kita dengan klien bisa mempengaruhi harga desain. Hal ini yang berlaku pada industri retail kali ini berlaku disini. Biasanya, akan ada diskon atau potongan harga untuk pelanggan yang loyal mengunakan jasa kita

8. Siapa Kliennya

Kita harus mempertimbangkan siapa yang memakai jasa kita. Apakah perusahan terkenal dengan aset dan profit milyaran rupiah? Atau warung makan sederhana dengan pemasukan 100 ribu perhari?. Apakah perusahan profit atau non profit? Menyamaratakan semuanya tentu akan membuat persaingan yang tidak sehat ( tidak seimbang dan salah arah).

Referensi : Hendi Hendratman 2015

"Computer Graphic Design" edisi revisi II, Informatika Bandung.

0 Comments:

Post a Comment